Perlukah inhalasi pada pilek?



Sering bgt denger curhat para bunda di fesbuk anaknya mau dibawa kedokter. mau diuap katanya. Abisnya pilek, rewel, ga bisa tidur minta gendong terus, capek khan. Emang kalo abis diuap trus anak sembuh gituh? Iya sih, jalan nafas akan lega tapi berapa lama efeknya? Kalau virusnya masih ngendon ya muncul lagi lendirnya, pilek lagi, rewel lagi, ga bisa tidur lagi, bunda capek lagi.


Terus? Mau ke dokter lagi? Uap lagi? Bayar lagi, capek dikantong. Beli sendiri mesin uapnya? Pinter sekali. Coba iseng iseng seach di google dengan keyword inhalation broncodilator khusus di web mayoclinic, keluarnya ya ga jauh jauh dari asma, emang bunda yang ingin anaknya di uap itu anaknya punya asma? Pengen anaknya sakit asma?

Anak yang diuap itu mostly karena adanya kesulitan bernafas karena penyempitan saluran nafas, kenapa bisa menyempit? Jadi kita bicara asma ya, asma itu proses inflamasi atau peradangan saluran nafas, peradangan ini terjadi sebagai respon adanya utama sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Okay, sampe sini aja ngomongin asmanya bisa kepanjangan nanti.

Masalahnya khan tidak semua keluhan susah nafas itu asma, sebagian besar yang dikeluhan mama mama ini adalah anaknya tidak bisa tidur, rewel karena hidung meler, pilek yang sesungguhnya tak ada hubungannya dengan gangguan saluran pernafasan. Kalau gangguan saluran pernafasan terjadi karena adanya inflamasi hidung meler atau pilek terjadi karena jaringan dalam rongga hidung dan pembuluh darah di dalammnya menghasilkan lendir dan cairan (milissehat).

Penangannya jelas beda, bukan dengan inhalasi, lalu obatnya apa kalau hidung meler aka pilek? Ya selama infeksi virusnya belum hilang ya kemungkinan akan terus ada, seharusnya pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk membuat dia nyaman, agar bisa istriharahat dengan tenang, karena dengan begitu sistem imunnya akan bekerja dengan baik, tentu saja dengan bantuan asupan gizi yang baik.
Perbanyak asupan cairan dapat membantu menggelontor lendir, kalau anak tidak doyan atau bosan minuam air putih kasih air gula, sirup, ice cram, boleh lah biar hepi. Bisa juga dengan melembabkan ruangan dengan uap panas. Kalau mengutip saran dari dokter Arifianto (dr. Apin) obatnya bukan buat anaknya sih, malah buat orang tuanya mau tahu? Cuma dua kok ga banyak

“Gendong” dan “Sabar”

Jadi bunda nanti kalau anaknya rewel karena pilek, diagnosanya dipastikan dulu, agar tak salah treatmennya, karena obat sebaik dan semahal apapun itu bila tidak sesuai indikasi bisa jadi racun untuk anak kita.


Salam sayang

Bunda Pipi
Wonoayu, 17 07 2017 (tanggal cantik, semoga manfaat buat mama mama cantik tulisannya)


Comments