Ketika Si Kecil Sakit


Sedih ya mom kalau si kecil sakit?

Rasanya serba salah mau ngapa ngapain tuh susah, apalagi kalo si kecil type yang rewel beuuuh... pengennya ngasih dia obat mujarab yang sekali minum langsung tokcer sembuh ga pake lama, jadi si kecil bisa ceria lagi. Tapi mana ada obat begitu? Kalaupun ada kita malah harus curiga isinya apa itu obat.

Saat saat si kecil sakit, bunda itu harus jadi orang paling kuat dan rasional, ga boleh melempem kena hasutan iklan obat obatan. Jadi bunda harus pintar, banyak belajar keadaan anak. Dulu kalau si Pipi sakit, emaknya ini paling panik, langsung buka hape nanya nanya pakdhe gugel, padahal tidak semua informasi yang ada di gugel bisa dijadikan sumber rujukan. Sebagian besar artikel yang membahas penyakit di internet ujung ujungnya jualan obat.

Tapi bukan berarti tidak ada yg bisa dipercaya. Bunda hanya perlu selektif dalam memilih sumber bacaan. Usahakan cari yg tidak mempunyai conflict of interest. Kalau saya sendiri memilih website website dari dunia kesehatan yang kredibel seperti cdc, mayoclinic, webmd, rch. Dan untuk yang berbahasa indonesia saya ke milissehat.com.

Karena tidak semua penyakit memerlukan tindakan medis dari dokter, ada yang hanya perlu observasi dirumah. Bunda harus tahu kapan si kecil harus dibawa ke dokter dengan mempelajari tanda tanda kegawatdaruratan, apa saja tanda tanda kegawatdaruratanitu ? sesak atau kesulitan bernafas ditandai dengan meningkatnya frekuensi nafas selain itu ditandai dengan terlihatnya retraksi dada, makin keatas adanya cekungan dileher saat bernafas hingga yang laing parah hidung terlihat kembang kempis (silahkan cek di youtube untuk mengetahui videonya), letalergi atau hilangnya / berkurangnya respon anak terhadap sekitar, dehidrasi dll.

Karena dokter juga bisa lelah, jadilah bunda yang cerdas yang dapat mempermudah tugas dokter. Ketika memang harus kedokter usahakan setidaknya bunda sudah mempelajari kondisi anak, dan kemungkinan kemungkinannya jadi saat di ruang dokter bunda bisa diskusi asik dengan dokter. Karena bagaimanapun bundalah yang paling mengerti kondisi si kecil.

Jadi saat terpaksa si kecil sakit, sebelum buru buru bawa kedokter silahkan bunda mempelajari dulu gejala yang timbul, observasi keadaan si kecil dan apabila memang perlu penguatan dan diagnosa dokter silahkan diskusi cantik dengan dokternya. Apabila memang terdapat gejala kegawatdaruratan langsung saja ke ugd

Selamat belajar bunda bunda cerdas, semoga si kecil senantiasa sehat.


Sarirogo, 29 Juni 2017

Bunda Pipi

Sambil mangku Pipi yang lagi demam.

Comments